Sejarah

Program Studi Magister Ilmu Biomedik Program Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Andalas mulai menerima mahasiswa pada semester genap tahun Akademik 2003/2004, setelah mendapat izin penyelenggaraan dari Dirjen Dikti melalui surat No. 1624/D/T/2003 . Kemudian, pada tahun 2007 mendapat ijin perpanjangan dengan No. 1737/D/T/2007 .

Dalam pengajuan izin penyelenggaraan telah disampaikan bahwa Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand lebih menitikberatkan kurikulumnya pada pengembangan sumber daya manusia dan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan yang dilakukan melalui usaha pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand dibuka untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia dengan kualifikasi Magister Ilmu Biomedik yang mampu mengembangkan penelitian, bekerjasama dengan bidang klinik dalam memberikan pelayanan medik mutakhir atas dasar hasil penelitian (evidence based medicine), sehingga penelitian dosen di bidang Biomedik akan menjadi meningkat.

Ilmu Biomedik mencakup Ilmu Biokimia Kedokteran, Anatomi, Histologi, Fisiologi Kedokteran, Mikrobiologi Kedokteran, Parasitologi, Patologi Anatomi Kedokteran, Patologi Klinik, Farmakologi dan Terapi, Imunologi, Ilmu Gizi Kedokteran , Kesehatan Ibu dan Anak dan Obstetri Gynekologi

Perkuliahan Program S2 Ilmu Biomedik dilaksanakan di kampus Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Pada awal pendiriannya peminatan yang dibuka adalah Biokimia, Imunologi dan Ilmu Gizi tapi hanya Ilmu Gizi yang berjalan.Tahun 2005 ditambah peminatannya dengan Reproduksi Kedokteran karena banyaknya permintaan dan tahun 2006 ditambah lagi dengan peminatan Kesehatan Ibu dan Anak. Sampai sekarang (2009) peminatan yang berjalan ada 4 yaitu Imunologi, Ilmu Gizi, Reproduksi Kedokteran dan Kesehatan Ibu dan Anak, peminatan Biokimia sampai saat ini belum ada peminatnya sehingga tidak berjalan.

Para peserta Program S2 Ilmu Biomedik berasal dari staf pengajar dari perguruan tinggi negeri dan swasta Kesehatan dari berbagai tempat di Indonesia. Perkembangan selanjutnya menunjukkan bahwa program studi ini mulai diminati oleh tamatan fakultas lain, seperti jurusan Biologi, Kimia dari FMIPA di berbagai tempat di Indonesia, baik yang sudah bekerja maupun yang baru tamat dengan berbagai alasan dan tujuan.

Penyelenggaraan perkuliahan Program Studi Magister Ilmu Biomedik FK-Unand dilaksanakan pada gedung perkuliahan Biomedik di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yang berdampingan dengan laboratorium dan kompleks Rumah Sakit M. Jamil Padang. Adapun alamat lengkap PPs Biomedik adalah di Jalan Perintis Kemerdekaan PO Box 49 Padang 25119, Telp 0751-841886, faksimil 0751-32838.

Ketua Program Studi yang pernah menjabat antara lain :

  1. Dr. dr. Adnil Edwin Nurdin, SpKJ 
  2. Prof. dr. Nur Indrawaty Lipoeto,  MMedSci. PhD, SpGK
  3. Prof. dr. Fadil Oenzil, PhD, SpGK Periode 2009-2013
  4. Prof. Dr. dr. Delmi Sulastri, MS, SpGK Periode 2013-2016
  5. Dr. dr. Rosfita Rasyid, M.Kes   2016 - sekarang

Read 139 times

Kegiatan

No events

Kontak S2 Biomedik


+62-751-841886
s2biomedik.fk.unand@gmail.com

Alamat Kantor S2 Biomedik

Jl. Perintis Kemerdekaan No.49, Padang - Fakultas Kedokteran Unand